Cara Gampang Menciptakan Kuesioner Di Google Docs (Update Modern)

Jika anda sedang melakukan penelitian atau survei kepada suatu hal maka bisa menggunakan Kuesioner secara online sehingga membuat lebih mudah anda dalam menerima data. Berikut ini tutorial bagaimana Cara Membuat Kuesioner di Google Docs.


Semakin berkembangnya teknologi smartphone dan jaringan internet sekarang lebih menolong kita dalam melaksanakan sebuah survei atau observasi dengan pengajuan beberapa pertanyaan berupa kuesioner yang mampu diisi secara online. Sehingga teman atau orang lain mengisi kuesioner secara online dan pastinya lebih cepat. Pihak google sendiri memiliki fitur tersebut pada Google Docs.


Cara Membuat Kuesioner Online di Google Docs


Syarat pertama ialah anda harus memiliki akun Google ialah akun GMail. Jika anda belum memiliki silahkan anda daftar di GMail.com.  Jika anda telah punya silahkan anda buka drive.google.com. Login dengan memakai akun google anda.


Daftar Google Drive


Nantinya file Kuesioner anda akan tersimpan di Drive Google akun anda. Google Drive bisa dibilang sebagai hardisk untuk menyimpan semua berkas baik dokumen, musik, video dll (silahkan  Baca Cara Upload File ke Google Drive).


Buat Form Online


Kemudian pilih sajian NEW -> More -> Google Forms.


Judul Form Kuesioner Online


Beri Judul dan Deskripsi Kuiesioner anda di Untitled form dan Form description. Masukkan Pertanyaan yang perlu diisi oleh responden pada Untitled Question. Kemudian pilih jenis tanggapan.


Pertanyaan Form Kuesioner


Sebagai Contoh: Saya membuat Nama yang harus diisi dengan jenis balasan berupa Short Answer dan aku aktifkan tombol Required yang artinya WAJIB diisi, jikalau tidak diisi responen tidak bisi kirim hasil kuesioner. Tambahkan Deskripsi untuk memperjelas pertanyaan.


Kriteria jawaban Kuesioner Online


Ada beberapa macam tipe balasan yang mampu anda pakai:


Contoh pertanyaan Kuesioner Online


Selanjutnya pilih tombol New (Ikon Plus) untuk menciptakan pertanyaan berikutnya. Misalnya saya buat pertanyaan UMUR dengan jenis tanggapan Multiple Choise.


Preview Kuesioner


Silahkan anda buat daftar pertanyaan selanjutnya. Kemudian jikalau sudah dan ingin menyaksikan hasil sementara silahkan pilih ikon PREVIEW.


Cara Membuat Kuesioner Online Google Docs


Nantinya akan ditampilkan hasil sementara Form Kuesioner yang anda buat.


backround From Kuesioner Online


Selanjutnya jika anda ingin merubah warna atau menyertakan gambar pada Form Kuesioner mampu memilih ikon Color Palette. Pilih jenis background yang anda kehendaki atau anda mampu upload foto sendiri dari komputer. Jika ok silahkan tombol Select. Tunggu sampai tampilan Form Kuesioner anda berubah.


Upload Gambar Kuisoner Online


Selanjutnya pilih hidangan SETTINGS. #PENTING# Jika kuesioner anda mengharapkan 1 responden hanya untuk 1 koresponden maka anda beri tanda ceklis Can submit only 1 response (requires login). Namun nantinya koresponden mesti login ke akun GMail dahulu semoga bisa mengisi Form anda. Tentunya hal ini akan menyulitkan para koresponden bila mereka belum mempunyai akun GMail. Jika anda mengharapkan koresponden bisa langsung mengisi Kuesioner silahkan Hapus tanda ceklis Can submit only 1 response (requires login).  Kemudian masukkan pesan pribadi yang akan timbul di final koresponden mengisi FORM. SAVE.


Setting Form Kuesioner Online


Selanjutnya pilih RESPONSES -> Settings -> Select Response Destination -> Create a new Spreadsheet -> CREATE. Tujuannya yakni data responden akan dikumpulkan dalam file Excel.


Setting Responden Kuesioner Online


Langkah terakhir yaitu pilih tombol SEND -> Share by LINK.


Selesai Buat Kuesioner OnlineKemudian Shorten URL. Saya sarankan demikian semoga anda mudah untuk membagikan kuisoner ke sobat-sobat anda. COPY.


Share Kuesioner Online


Dengan memakai URL tersebut sobat anda bisa langsung mengisi kuesioner yang anda buat. Untuk tanggapan para koresponden maka akan secara otomatis tersimpan kedalam file EXCEL yang terbuat di dalam Google Drive anda.


Data Form Kuesioner OnlineJawaban berbentukfile Excel.


Data Jawaban Kuisoner online


Dengan cara ini maka anda akan lebih efisien waktu untuk mengumpulkan data dengan memakai Kuesioner Online Menggunakan Google Docs. Selamat menjajal dan semoga berguna.


0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Kuesioner Di Google Docs (Update Modern)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel